Membuat Meja dari Kardus dan Botol Plastik Bekas

Cukup lama saya tidak menulis dan berbagi di blog ini, dikarenakan saya sudah tidak aktif lagi mengajar, saya akan banyak berbagi tentang membuat kriya atau sekedar cerita tentang masa kehamilan yang sedang saya nikmati.

Kali ini, saya ingin berbagi mengenai pembuatan meja dari kardus dan botol plastik bekas yang saya sudah mencoba membuat bersama suami.

Langkah pertama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan meja, seperti pada gambar di bawah ini :

  • kardus bekas
  • botol air minum plastik bekas
  • plastik bekas
  • selotip/doubletape
  • cutter/gunting
IMG_20170704_092628

alat dan bahan yang diperlukan

Setelah alat dan bahan lengkap, mulailah membuat bagian kaki-kaki meja.

Botol air mineral bekas yang besarnya disesuaikan selera anda, diisi air terlebih dahulu untuk menambah massa botol supaya dapat menahan berat alas meja. Kemudian tiga atau empat botol direkatkan bersama dengan solatif. Isi botol bisa dikreasikan sesuai selera, bisa diisi ikan, atau beads dan glitter atau bisa juga diisi dengan air berwarna. Si kecil pasti suka nih bagian ini!

IMG_20170704_093345

botol plastik bekas digunakan untuk kaki meja

Tahap selanjutnya membungkus kardus bekas sebagai alas meja.

Jika anda berbelanja baju atau sepatu khususnya, plastik yang dipakai untuk membungkus cenderung lebih tebal dari plastik yang biasa anda pakai untuk belanja sayur mayur. Plastik model ini dapat digunakan untuk melapisi kardus bekas yang ukurannya sudah anda pilih. Seperti menyampul buku, untuk merapikan bagian yang tidak terbungkus anda bisa melapisinya dengan selotip. Bahan apapun dapat digunakan, jika tidak ada plastik, anda dapat menggunakan kertas daur ulang atau apapun yang ada disekitar anda.

Atau anda bisa meminta si kecil untuk membuat coretan pada selembar kertas polos untuk dijadikan alas meja. Atau bisa juga dengan menempelkan gambar atau foto keluarga. Tergantung selera anda.

IMG_20170704_093517

kardus bekas sebagai alas meja

Jika kaki-kaki meja dan alas meja sudah selesai, tiba saatnya menyatukan keduanya sebagai proses terakhir pembuatan meja.

pada bagian ini membutuhkan fokus, untuk membuat lubang sesuai ukuran dan posisi tutup botol plastik supaya dapat menyangga lebih kuat dan posisinya tidak bergeser.

Karena bahan yang digunakan cukup rapuh yaitu kardus, maka ketika anda akan mengangkat untuk memindahkan lokasi mejanya, tentunya perlu kerjasama anda dan suami atau keluarga anda yang lain dengan memegang ujung botolnya. Dan meja kardus ini cukup kuat untuk menahan beban seperti toples kue kaca seperti pada gambar. Atau jika kurang yakin, anda dapat menambahkan kaki-kaki lagi di bagian tengahnya, atau dengan menaruh kardus berisi buku sebagai penyangga.

IMG_20170704_111459

meja yang sudah jadi

Anda bisa mencobanya atau membuat kreasi lain bersama orang-orang tercinta dengan memanfaatkan barang bekas disekitar anda, sambil menikmati hari libur di rumah.

Selamat mencoba!

 

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s