Membuat Kaos Bersama Orangtua Siswa

Hari ini saya berkesempatan melihat dan mengalami langsung proses pembuatan kaos mulai dari tahap awal hingga selesai menjadi sebuah kaos. Bertempat di rumah Pak Oki yang merupakan ayah dari salah satu siswa KPB, beliau mempunyai usaha konveksi dan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi KPB untuk belajar bagaimana membuat kaos dari proses awal hingga selesai.

Sebelumnya kami berdiskusi mengenai macam-macam bahan kain, proses pencelupan, apa yang dimaksud dengan bahan ‘combat’, harga dan lokasi pembelian kain dalam jumlah yang banyak. Pak Oki juga menyampaikan perbedaan sablon manual dengan teknik printing, apa yang menyebabkan sablonan pada kaos cepat luntur, atau terkelupas saat disetrika, atau ukuran yang menyusut ketika dicuci. Siswa-siswi KPB tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bertanya banyak hal kepada Pak Oki sebelum mereka terlibat langsung proses pembuatan kaosnya.

img_20170208_080334

siswa-siswi KPB berdiskusi bersama Pak Oki

Mulai dari tahap awal mencetak pola pada kain, bergantian memotong kain dengan mesin, setelah bahan dipotong sesuai pola, siswa-siswi KPB mendapat penjelasan tentang cara mencetak film pada papan sablon, dengan diberi obat, dan cara mengeringkannya. Barulah setelah istirahat makan siang, mereka memulai menyablon dengan arahan dari pegawai Pak Oki. Siswa-siswi KPB menyelesaikan sablon tahap demi tahap dengan antusias, sambil sesekali mereka melontarkan candaan dengan teman.

This slideshow requires JavaScript.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah bahan yang sudah disablon kering, tahap berikutnya mulai mengobras. Pak Oki memberikan penjelasan mengenai kegunaan masing-masing mesin dengan dibantu beberapa pegawainya. Mereka mencoba tiga mesin secara bergantian, walaupun pada akhirnya beberapa menemukan ketertarikan di satu mesin, maka dia lah yang dengan sukarela menyelesaikan obras seluruh bahan yang sudah dipotong. Dengan sedikit arahan, mereka antusias melakukan tugasnya. Ada yang menyambung bagian depan dan belakang, ada yang merapikan bahan lengan yang sudah diobras, dan juga ada yang merantai.

This slideshow requires JavaScript.

Siswa-siswi KPB sangat menikmati kegiatan hari ini, dan enggan pulang karena ingin meyelesaikan kaosnya. Akan tetapi, karena waktu sudah sangat larut, maka kegiatan mengobras akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya.

(lihat videonya disini)

img_20170208_113013

Kelompok Petualang Belajar K10

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s