Guru yang Multi Profesi

Saya adalah seorang Event Organizer, mulai dari merencanakan, menyusun jadwal, membuat alat peraga, dan evaluasi proses pengajaran, setiap hari, minggu, 3 bulanan, bahkan tahunan. Selalu siap jadi MC dadakan jika siswa berulang tahun.

pada acara assembly kelas KK-B

pada acara assembly kelas KK-B

Saya adalah Fotografer, mengambil foto-foto proses belajar yang berharga untuk kebutuhan evidence dan laporan portfolio siswa.

Saya adalah Model sekaligus Penari, jika ada event, saya ada di barisan paling depan mengajarkan siswa gerakan menari untuk perform akhir tahun ajaran.

Saya adalah Aktor sekaligus Stand Up Komedian, dalam ekspresi apapun, dalam mood seperti apapun, dalam kondisi bagaimanapun, saya bisa membuat siswa belajar dengan riang gembira.

Saya adalah Polisi, menjaga keamanan siswa merupakan tugas utama, saat mereka di kelas, saat bermain di playground, bahkan saat mereka cuci tangan atau buang air kecil dan besar di toilet.

Saya adalah Atlet, mengajarkan siswa cara berjalan dengan seimbang, berlari tanpa terjatuh, melompat, melempar, menangkap, menendang, merangkak bahkan berenang.

DSC09891

Saya adalah Dokter, memastikan siswa makan makanan sehat, cuci tangan setelah berkegiatan dan sebelum makan, mengolesi anti nyamuk, mengolesi trombopop ketika mereka jatuh, mengolesi minyak telon saat mereka muntah atau merasa kedinginan, memeriksa kondisi kuku dan gigi mereka.

Saya adalah Pengacara, siap memberikan pembelaan ketika mereka kurang mendapat keadilan atau disalahkan.

Saya adalah Teknisi, ketika komputer nge-hang, ketika speaker tidak menyala, atau bahkan ketika pintu kamar mandi tidak bisa ditutup atau dibuka.

Saya adalah Sekretaris sekaligus Akuntan, mengelola semua administrasi yang sudah dievaluasi, sedang berjalan dan yang dibutuhkan, menyusun rapot, membuat planner, menyusun budgeting karyawisata atau kebutuhan pembelajaran, menyusun dan mencatat peminjaman dan pengembalian buku, fotokopi lembar tugas, laminating gambar untuk bahan ajar.

Saya adalah Arsitek, merancang dan menciptakan media ajar dari berbagai alat dan bahan yang ada di sekitar.

pick-up card

Saya adalah Petani sekaligus Tukang Kebun, mengajarkan siswa menanam dan merawat tumbuhan di taman sekolah.

DSC08601

Saya adalah Jurnalis, mencari informasi mendalam tentang bagaimana karakter siswa, menanyai orang-orang terdekat di keluarganya untuk mencari tahu karakternya, menyusunnya ke dalam sebuah laporan, mencari informasi terkini tentang dunia pendidikan dan menulis untuk newspaper sekolah.

Saya adalah Office Girl, setiap hari selalu berusaha menjamin kebersihan kelas, mengecek perlengkapan dan ketersediaan alat tulis di kelas.

Saya adalah Desainer, membuat kostum untuk siswa jika ada event sekolah, membuat alat peraga untuk siswa belajar, membuat rancangan desain untuk memajang karya siswa di depan kelas, bahkan membuat dekorasi kelas.

DSC00378

Saya adalah Penterjemah, menterjemahkan bahasa siswa yang masih sangat terbatas kosa-katanya, berusaha untuk memahami apa keinginan mereka.

Saya adalah Musisi, bermain alat musik, menyanyi, membuat lagu secara spontan.

IMG-20141120-WA0002

Saya adalah Ibu, menggendong siswa ketika mereka menangis, menemani mereka buang air kecil, membersihkan popok dan celana jika mereka buang air besar, mengajarkan mereka tentang apa yang baik dan benar untuk dilakukan, mendorong mereka untuk menjadi mandiri, mengelus dada dan punggung mereka ketika mereka bersedih, mengajak mereka bermain bola, menyiapkan tempat makannya, memberikan pujian ketika mereka melakukan hal hebat, dan memberitahu mereka konsekuensi ketika mereka melakukan kesalahan, bahkan menahan emosi ketika mereka terlalu bersemangat dan membuat saya pusing tujuh keliling.

Saya adalah Guru, dan saya (dituntut untuk) mampu menjadi semua profesi… karena saya adalah Guru.

What do you think?

