“Out Of School Project” – Bonding Time Antara Orang Tua dan Anak

Bagi sebagian orang tua mungkin akan mengeluhkan dengan adanya ‘tugas rumah’ yang dibawa anaknya dari sekolah, namun perlu orang tua ketahui banyaknya manfaat yang akan anda rasakan melalui salah satunya “Out Of School Project” atau yang lebih dikenal sebagai “Home Project” tersebut.

Penelitian membuktikan bahwa keterlibatan dan peran aktif orang tua, keluarga dan sekolah yang berkesinambungan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan perkembangan anak secara optimal (Eccles & Harold, 1993; Illinois State Board of Education, 1993).

Menurut Henderson and Berla (1994), prestasi anak di sekolah bukan ditentukan oleh pendapatan dan status sosial keluarganya, namun oleh bagaimana kemampuan keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mampu mendorong anak untuk belajar, serta keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak di sekolah dan komunitas.

Berbicara soal peran orang tua dalam proses perkembangan dan keberhasilan anaknya, saya dapat membuktikan teori-teori yang sudah beberapa saya sebutkan diatas. Minggu ini, saya beberapa kali mendapat kesempatan menjadi moderator kelas Kakak-Kakak mempresentasikan “Home Project” mereka. Diluar dugaan, orang tua datang mengumpulkannya bukan hanya dalam bentuk poster, namun banyak yang membuat diorama. BRAVO!!

Berikut sebagian diorama yang saya ambil fotonya (padahal belum minta ijin orang tua untuk di publish di blog ini), meskipun begitu saya tidak terlalu khawatir, mereka para orang tua yang sangat kooperatif… (^.^)v

karya Ibu Isti & Aletta (1)

karya Ibu Isti & Aletta (1)

karya Ibu Isti & Aletta (2)

karya Ibu Isti & Aletta (2)

karya Ibu Isti & Aletta (3)

karya Ibu Isti & Aletta (3)

karya Ibu Prita & Aziya

karya Ibu Prita & Aziya

karya Ibu Rieska & Mikario

karya Ibu Rieska & Mikario

karya Ibu Windhy & Mylan

karya Ibu Windhy & Mylan

karya Ibu Risna & Raisa

karya Ibu Risna & Raisa

karya Ibu Vivi & Tristan (hutan yang terpelihara)

karya Ibu Vivi & Tristan (hutan yang terpelihara)

karya Ibu Vivi & Tristan (hutan yang dirusak)

karya Ibu Vivi & Tristan (hutan yang dirusak)

karya Ibu Vivi & Tristan (tampak atas)

karya Ibu Vivi & Tristan (tampak atas)

Selain karya yang luar biasa, ternyata anak-anak juga jadi lebih baik dalam mempresentasikan karyanya lho! Mereka bangga dengan mengatakan bahwa karyanya itu dibuat oleh Ibu/Bunda/Mami mereka.

Untuk memudahkan orang tua, pihak sekolah sebelumnya sudah memberikan arahan dalam bentuk beberapa pertanyaan kunci mengenai “Home Project” ini, misalnya; Makhluk hidup apa saja yang hidup di laut/hutan?Apa yang terjadi bila semua pohon di dalam hutan ditebang?/ Apa yang terjadi bila buang sampah sembarangan?, Lalu, bila pohonnya habis/lautnya kotor, maka apa yang akan terjadi pada binatang didalamnya?, serta Apa yang harus kita lakukan agar pohonnya tetap subur?/ apa yang harus kita lakukan agar lautnya tetap bersih?

Kembali lagi kepada bahasan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah ini, ada beberapa keuntungan yang dikemukakan oleh para ahli, diantara sebagai berikut;

Keuntungan bagi anak:

  1. Anak mendapatkan pengetahuan lebih tentang budaya-sosial orang tua dan keluarganya
  2. Anak mendapat poin lebih dalam penilaian tugas dan kehadirannya
  3. Anak memiliki rasa percaya diri dan disiplin lebih tinggi

Keuntungan bagi orang tua:

  1. Meningkatkan interaksi dan diskusi dengan anak, juga lebih peka terhadap kebutuhan perkembangan sosial-emosi dan kognitifnya
  2. Memberikan rasa percaya diri dalam kemampuan membuat keputusan sebagai orang tua
  3. Meningkatkan pengetahuan orang tua tentang perkembangan anak, yang akan berdampak pada bertambahnyanya dukungan positif dan berkurangnya bentuk hukuman yang diberikan pada anak
  4. Memahami tugas guru dan kurikulum sekolah
  5. Dapat berkontribusi dalam diskusi, tugas, ataupun bergabung dengan tim perwakilan orang tua di sekolah anaknya

Keuntungannya tidak hanya untuk anak dan orang tua, tentu saja bagi guru dan sekolah juga akan sangat memberikan perubahan dan perkembangan yang besar.

Nah! Ayah Bunda, ternyata begitu besar manfaat ketika anda terlibat aktif dalam proses belajar anak. Semoga “Out Of School Project” atau “Home Project” bukan lagi menjadi beban bagi orang tua, namun menjadi pemicu semangat untuk selalu terlibat dalam setiap aspek perkembangan anak anda.

Salam edukasi,

-fifin-

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s