Smart Saturday – Pertemuan Santai Berwawasan Edukatif (part 2)

Ibu Luna Setiati, seorang penggagas Chiekal Creative Learning tampil sebagai presentator kedua dalam acara Bincang Edukasi Meetup #7. Pada presentasinya, beliau mengangkat tema yang menarik, “Belajar Menjadi Kreatif dan Imajinatif Melalui Rupa dan Kata”.

Chiekal itu sendiri merupakan tempat dimana anak-anak bisa bermain sambil belajar. Kegiatan belajarnya dikemas sedemikian rupa, dan lebih menekankan pada perkembangan daya imajinatif anak, melalui berbagai metode seperti menggambar, bercerita, olah tubuh, bunyi dan rupa.

Image

Image

Ibu Luna sendiri sangat meyakini bahwa belajar melalui menggambar, mempunyai kekuatan yang cukup efektif untuk menyampaikan sebuah pengetahuan pada anak, karena materi disampaikan melalui sebuah pengalaman yang imajinatif. Tujuannya bukan hanya sekedar membuat anak menjadi terampil menggambar, namun lebih dari itu, adalah kemampuan anak dalam mengungkapkan ide dan problem solving.

Saya sangat tertarik dengan analogi yang beliau ungkapkan, “mana yang lebih baik, belajar seni atau belajar Matematika?”. Beliau menekankan bahwa berbakat atau tidak, anak harus belajar seni, untuk membina kreatifitas dan kepekaan mereka. Berbakat atau tidak, anak juga harus belajar Matematika, untuk membina kemampuan berfikir logisnya.

“How much they know? How to use their knowledge?” menjadi indikator yang sangat penting untuk mengetahui potensi pengetahuan yang anak miliki.

photo credit by finfin

Advertisements

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s