Smart Saturday – Pertemuan Santai Berwawasan Edukatif (part 1)

Boemi Nini Edupreneur Center yang berlokasi di Jl. Punawarman No.70 Bandung, suasana pagi ini ramai dan hangat, bagaimana tidak, kawan-kawan pemerhati dan penggerak pendidikan berkumpul dalam acara yang bertajuk Bincang Edukasi Meetup #7.

Bincang Edukasi adalah acara dua bulanan yang dilaksanakan di beberapa kota, yang mewadahi diskusi-diskusi mengenai topik dan tren paling baru di dunia pendidikan.

Pada kesempatan kali ini, ada 4 orang pembicara yang mengisi diskusi. Nia KurniatiRahma Ainun Nisa, Luna Setiati, dan Ben Satriatna. 

Acara dibuka oleh Mas Kreshna, menjelaskan mengenai apa itu Bincang Edukasi, diselingi dengan pembahasan presentasi kelulusan Indonesia, yang menurutnya bisa membawa Indonesia menjadi negara adidaya. (>.<) Lalu dilanjutkan dengan presentasi singkat namun padat dari setiap pembicara.

Pembicara pertama, adalah seorang pengajar di SMPN 11 Bandung, seorang guru yang kreatif dan berdedikasi tinggi dalam dunia pendidikan, Ibu Nia Kurniati. Beliau berbagi tentang Student Centered Learning yang diterapkannya di sekolah tempat beliau mengajar.

Image

Image

Dalam kesempatan kali ini, beliau berbagi pengalaman, beliau juga menyinggung soal “keluar dari zona nyaman” dan memang itulah yang ternyata membawa perubahan bagi dirinya dan anak didiknya. “Selain hal itu, infestasi semua yang dimiliki, dimulai dari perubahan yang kecil, dan perubahan itu merupakan proses bersama”, tambahnya.

Bukan merupakan suatu hal yang mudah memang, untuk perubahan ke arah yang lebih baik, dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Dimulai dengan melakukan diskusi dengan teman sejawat, lalu mempresentasikannya, dan mulai merancang ke depan.

Selama proses berjalan, beliau membandingkan antara proses belajar yang sudah diterapkan program dan sebelum diterapkan program. Lalu kemudian setelah berjalan, banyak potensi yang ditunjukkan oleh peserta didik, dan berbagai inovasi pun beliau kembangkan sebagai perbaikan program.

Keunggulan dan keberhasilan dari program yang sudah beliau terapkan diantaranya adalah dapat membangun Learning Community dari peserta didik

Namun yang paling penting adalah membuat Lesson Design, dokumentasi dari semua yang sudah dilakukan.

Nilai yang dapat diambil dari presentasi Ibu Nia adalah, komitmen, konsentrasi, dan dedikasi merupakan tiga hal yang beliau yakini dapat mewujudkan perubahan.

foto credit by finfin

Advertisements

6 thoughts on “Smart Saturday – Pertemuan Santai Berwawasan Edukatif (part 1)

  1. “Acara dibuka oleh Mas Kreshna, menjelaskan mengenai apa itu Bincang Edukasi, diselingi dengan pembahasan presentasi kelulusan Indonesia, yang menurutnya bisa membawa Indonesia menjadi negara adidaya. (>.<)"

    Hahaha… ini kayaknya mas Kreshna justru lagi sinis :p sama pernyataan Mendikbud, krn Mendikbud begitu bangga pada persentase kelulusan UN.. 😀

    • iya mbak… makanya aku tambahin simbol [(>.<)] d sebelahnya… hihihiihi,,, aku ngerti gmn perasaan mas kreshna pas ngomong itu… hahahhaha… semacam ironi pendidikan Indonesia…

    • hehe… iya,,, besok dilanjut… tadi kepotong urusan job desk dng Ben, Erus, dan Wawan (karena si ilham bertaburan,,, atas saran dari Erus, tulisannya di bikin part)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s